Tuesday, January 27, 2015

Penjelasan Tentang OOT (Over The Top) , Socet Programing, dan Smart City

Pengertian OTT (Over The Top)
OTT (Over The Top) definisinya adalah penyampaian content atau layanan melalui infrastruktur jaringan. Dalam konteks yang aplikatif, OTT Application adalah aplikasi/ layanan yang dilewatkan melalui infrastruktur/jaringan telekomunikasi. OTT application ini sangat sensitif dengan bandwidth. OTT application tentu sudah sangat familiar dengan kita. Sehari-hari kita pasti menggunakan facebook, twitter, google, skype, Video On Demand, youtube. Ini adalah salah satu contoh OTT Application. Dan tentu kita menggunakannya kebanyakan dari small screen/gadgets. Adapun pengertian lainnya yaitu layanan disampaikan melalui jaringan operator, tetapi tidak secara langsung melibatkan operator.  Beberapa  contoh layanan OTT yang banyak kita tahu adalah Google, Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube dan iTunes.

Pengertian Socet Programing
Socket adalah teknologi dasar untuk perangkat lunak pemrograman untuk berkomunikasi pada TCP / IP jaringan. soket A memberikan titik akhir komunikasi dua arah untuk mengirim dan menerima data dengan soket yang lain. koneksi Socket biasanya berjalan antara dua komputer yang berbeda pada LAN atau di Internet, tetapi mereka juga dapat digunakan untuk komunikasi interprocess pada satu komputer.
Fungsi Socket()
  • Untuk dpt mengakses I/O Network, maka proses harus memanggil fungsi socket()
  •  include 
  • int socket(int family, int type, int protocol);
  • Fungsi socket akan mengembalikan non-negatip descriptor jika sukses, dan akan mengembalikan –1 jika ada error.
  • Umumnya parameter protocol pada fungsi socket di set
Socket Programing Terbagi menjadi 2 macam yaitu : Socket Stream dan Socket DatagramFungsi-fungsi yang sering digunakan pada Socket Programing :
0.      socket(), membuat socket.
1.      htonl(), meng-convert unsigned integer ke network byte order.
2.      inet_ntoa(), ntoa singkatan ‘network to ascii’,
nilai return-nya berupa string dari alamat yang dilewatkan.
3.      inet_addr(), meng-convert string menjadi network byte order.
4.      bind(), digunakan pada pihak server, untuk membuka ‘port’ komunikasi.
5.      write(), send(), bertugas mengirimkan data.
6.      read(), recv(), bertugas menerima data.
7.      connect(), digunakan pada pihak client, untuk mengadakan koneksi ke server.
8.      listen(), menunggu koneksi socket.
9.      accept(), menerima koneksi socket.
10.    close(), shutdown() menutup atau mengakhiri koneksi.
kesimpulannya Socket Programing dapat di gunakan dalam pembuatan Algoritma untuk menentukan jalur data pada koneksi Ethernet.

Pengertian Smart City
Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas yang membantu masyarakatnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau mengantisipasi kejadian yang tak terduga.SmartCity dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan sumber informasi dan menggunakan teknologi yang canggih untuk mempermudah kehidupan.

Teknologi pendukung:
·        Komunikasi Nirkabel
·        Desain algoritma, Signal Prediksi & Klasifikasi, teori Informasi,
·        Berlapis-lapis Software Architecture, Corba, middleware
·        speech recognition
·        Pengolahan citra, gambar pengakuan
·        Sensor desain, kalibrasi, Motion deteksi, suhu, sensor tekanan, accelerometers
·        Adaptif kontrol, filter Kalman
·        Jaringan Komputer
·        pemrosesan paralel
·        Sistem operasi
Teknologi Penunjang:
·        Sumber energi => itu bukan hanya energi listrik, tetapi juga energi mekanik. Beberapa sumber energi terdapat di alam antara lain adalah gerak, sumber cahaya, panas, dan gravitasi. Untuk sumber energi buatan dapat menggunakan baterai atau bahkan sumber energi eksternal seperti PLN.
·        Sensor =>Terdapat perangkat sensor yang membutuhkan perangkat lain dalam beroperasi. Misalnya, peralatan GPS yang bisa dipakai membutuhkan teknologi lainnya seperti satelit atau triangulasi BTS.
·        Aktuator => Berbeda dengan sensor, aktuator adalah peralatan yang aktif. Ia membutuhkan sumber daya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan sensor karena ia harus melakukan sebuah aksi. Selain itu, ia memerlukan pemrosesan sederhana agar bisa menampilkan informasi yang dibutuhkan.
·        Jaringan => Yang termasuk dalam jaringan adalah infrastruktur penghubung dan protokol pertukaran data. Infrastruktur penghubung erat kaitannya dengan topologi jaringan dan berbagai masalah yang terkait di dalamnya. Protokol pertukaran data adalah bagaimana aplikasi antar perangkat (sensor, aktuator, dan middleware) saling berkomunikasi satu sama lain.
·        Middleware => Middleware adalah infrastruktur pelayan yang memroses data-data dalam lingkungan pintar sehingga dapat dinterpretasikan. Contoh middleware adalah data center, server, dan layanan antara.
·        Aplikasi => Salah satu tantangan dalam aplikasi adalah bagaimana aplikasi dapat beradaptasi terhadap keadaan yang berubah-ubah.
Source   :

No comments:

Post a Comment