1. MANFAAT
XML
Ada beberapa manfaat XML . yaitu untuk mempermudah
pengaturan data, SEO , implementasi pada
teknologi , dan juga dapat menjamin keamanan sistem . untuk implementasi pada
teknologi terdapat melalui website , interest of things , future internet .
Wujud dari website ini yaitu statis dan dinamis . contoh
dari website statis yaitu HTML/HTML5. HyperText Markup
Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah
halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web
Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format
ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Sedangkan HTML 5 adalah HTML
5 memperkenalkan elemen baru ke HTML untuk pertama kalinya sejak tahun 1990-an.
Unsur struktural baru termasuk aside, figure, dan section. Elemen inline baru
seperti waktu, meter, dan progress.Termasuk Elemen Embedding baru seperti video
dan audio. Elemen interaktif baru mencakup details, datagrid, dan command.
Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas
manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun
kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga
pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi,
peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan
lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif
Pada dasarnya, Internet of Things
mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai
representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of
Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal
melalui Auto-ID Center di MIT.future internet ini terbagi atas 2 yaitu
content centric dan information centric.
2. Security
Sistem keamanan komputer merupakan
sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja,fungsi atau proses
komputer. sistem keamanan komputer juga berguna untuk menjaga komputer dari
para hacker (penjahat dunia maya). Tetapi layaknya seperti gembok kunci dalam
rumah yang menjaga rumah dari parah maling untuk masuk. Tetapi sebaik apapun
sistem keamanan rumah anda pasti ada cara untuk masuk kedalam rumah anda. Dan
mengapa dibutuhkannya sistem keamanan komputer karena meningkatnya perkembangan
teknologi dalam jaringan.
Fungsi sistem keamanan komputer
adalah untuk menjaga sumer daya sistem agar tidak
digunakan,modfikasi,interupsi, dan diganggu oleh orang lain. Keamanan bisa
diindentifikasikan dalam masalah teknis,manajerial,legalitas, dan politis.
Keamanan komputer adalah suatu
cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan
pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai
perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan
ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Keamanan komputer memberikan
persyaratan terhadap komputer untuk membentuk pembatasan apa yang tidak boleh
dilakukan oleh komputer. Karena pembatasan terancang akan menyulitkan komputer
bekerja secara maksimal. Tetapi dengan persyaratan yang menyulitkan sistem akan
terciptanya suatu strategi teknis yang menjaga kinerja sistem komputer.
Pendekatan yang umum dilakukan untuk
meningkatkan keamanan komputer antara lain yaitu:
·
Membatasi akses fisik terhadap komputer,
·
Menerapkan mekanisme pada perangkat keras dan
·
Sistem operasi untuk keamanan komputer, serta
·
Membuat strategi pemrograman untuk menghasilkan
program komputer yang dapat diandalkan.
KEAMANAN SISTEM Ada tiga macam
keamanan sistem, yaitu :
1. Keamanan
eksternal / external security
Berkaitan
dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup dan bencana seperti
kebakaran /kebanjiran.
2. Keamanan
interface pemakai / user interface security
Berkaitan
dengan indentifikasi pemakai sebelum pemakai diijinkan mengakses program dan
data yang disimpan
3. Keamanan
internal / internal security
Berkaitan dengan pengamanan beragam
kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi yang menjamin
operasi yang handal dan tak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan
data.
Dari macam
keamanan sistem ada hal yang perlu untuk diperhatikan dalam menjaga keamanan
komputer. Di bawah ini adalah dua masalah penting yang harus diperhatikan dalam
keamanan komputer :
1. Kehilangan
data / data loss
Masalah data loss bisa disebabkan
oleh :
a. Bencana
b. Kesalahan
perangkat lunak dan perangkat keras
c. Kesalahan
manusia / human error
2. Penyusup /
intruder
Penyusup
bisa dikategorikan kedalam dua jenis :
a. Penyusup
pasif yaitu membaca data yang tidak terotorisasi ( tidak berhak
mengakses)
b. Penyusup
aktif yaitu mengubah susunan sistem data yang tidak terotorisasi.
Selain itu ancaman lain terhadap
sistem keamanan komputer bisa dikategorikan
dalam empat macam :
1. Interupsi /
interuption
Sumber daya
sistem komputer dihancurkan menjadi tak berguna. Contohnya penghancuran
harddisk atau pemotongan kabel. Ini merupakan ancaman terhadap ketersediaan.
2. Intersepsi /
interception
Orang yang
tak diotorisasi dapat masuk / mengakses ke sumber daya sistem. Contohnya menyalin
file yang terotorisasi. Ini merupakan ancaman terhadap kerahasiaan.
3. Modifikasi /
modification
Orang yang
tak diotorisasi tidak hanya dapat mengakses tapi juga mengubah,merusak sumber
daya. Contohnya mengubah isi pesan, atau mengacak program. Ini merupakan ancaman
terhadap integritas
4. Fabrikasi /
fabrication
Orang yang tak diotorisasi
menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contohnya memasukkan pesan palsu,
menambah data palsu.
Dari kategori yang ada diatas dan
jika dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari
pasti kita akan menemukan masalah
dalam komputer. Dibawah ini merupakan
nama-nama ancaman yang sering
dilihat dalam sistem keamanan komputer.
·
Adware
·
Backdoor Trojan
·
Bluejacking
·
Bluesnarfing
·
Boot Sector Viruses
·
Browser Hijackers
·
Chain Letters
·
Cookies
·
Denial of Service Attack
·
Dialers
·
Document Viruses
·
Email Viruses
·
Internet Worms
·
Mobile Phone Viruses
3.
Inetnet
Of Things (IOT)
Penjelasan
Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas
manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun
kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga
pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan
apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan
global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.
Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat
diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur
berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin
Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.
Cara
Kerja
Cara Kerja Internet of Things yaitu dengan
memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah
argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung
secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa
pun.Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin
tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas
bekerjanya alat tersebut secara langsung.
Tantangan terbesar dalam mengkonfigurasi
Internet of Things ialah menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana
jaringan tersebut sangatlah kompleks, dan memerlukan sistem keamanan yang
ketat. Selain itu biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang
berujung pada gagalnya produksi.
4.
Website
Of Things (WOT)
Web of Things (wot) adalah istilah yang digunakan untuk
menggambarkan pendekatan, gaya arsitektur perangkat lunak dan pola pemrograman
yang memungkinkan benda dunia nyata untuk menjadi bagian dari World Wide Web.
Demikian pula untuk Web (Application Layer) adalah Internet (Network Layer),
Web of Things memberikan lapisan aplikasi yang menyederhanakan pembuatan
aplikasi Internet Hal.
Daripada re-inventing standar yang sama sekali baru, Web
of Things menggunakan kembali standar Web yang ada dan terkenal yang digunakan
dalam Web diprogram (misalnya, SISA, HTTP, JSON), Web semantik (misalnya,
JSON-LD, Microdata, dll), real-time Web (misalnya, Websockets) dan jejaring
sosial (misalnya, oauth atau jaringan sosial).
No comments:
Post a Comment